Minggu, 22 Februari 2009

PACARKU INDONESIA, CINTAI INDONESIA APA ADANYA


Oleh: Gus RY

Pacarku Indonesia
Indonesia cinta kita
Pacarku Indonesia
Kita saling cinta
Pada Indonesia

(Pacar Indonesia)

Demikian reff lagu yang diciptakan oleh Afid, Mamad, dan Andi, serta Yusrizal KW, sebagai penulis lirik, mengantarkan diskusi bulanan kedua yang diselenggarakan Komunitas untuk Indonesia, pada Minggu 27 Juli 2008, di STMIK Indonesia, Padang. Diskusi dengan tajuk “Siaran Televisi Miskin Nilai Pendidikan” ini diikuti oleh orang muda, usia sekolahan, dengan menghadirkan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah—KPID—Sumatra Barat, Sumartono, sebagai Kak Pakar—baca; Pembicara.

Diskusi diawali dengan berita-berita seputar dampak siaran televisi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dari berita-berita tersebut, peserta diajak berpikir tentang siaran-siaran televisi yang belakangan memang tidak mencerdaskan, disebabkan masyarakat Indonesia yang latah. Sehingga kondisi ini dimanfaatkan oleh pemilik siaran untuk menayangkan siaran-siaran yang pada dasarnya sama di tiap stasiun televisi, namun beda kemasan. Hal inilah yang sering ditanggapi dan mendapat teguran Komisi Penyiaran Indonesia dan KPID.

Berbicara soal Komisi Penyiaran Indonesia, seperti yang dijelaskan Sumartono, keberadaannya didasarkan pada UU nomor 32 tahun 2002, tentang Penyiaran, dengan semangat pengelolaan sistem penyiaran, yang merupakan ranah publik, harus dikelola oleh sebuah badan independen yang bebas dari campur tangan pemodal maupun kepentingan kekuasaan. Keanggotaannya terdiri dari sembilan orang KPI Pusat, dan tujuh orang KPI Daerah (setingkat propinsi). Dengan adanya komisi penyiaran ini, maka diharapkan siaran-siaran televisi di Indonesia, bisa menjadi media pembelajaran bagi masyarakat. Sesuai dengan salah satu misinya, mewujudkan program siaran yang sehat, cerdas, dan berkualitas, untuk pembentukan intelektualitas, watak, moral, kemajuan bangsa, persatuan dan kesatuan, serta mengamalkan nilai-nilai dan budaya Indonesia.

Namun, di balik itu semua, legalitas KPI terkesan setengah hati dan hanya sebatas tukang semprit—istilah Sumartono—sementara mereka tidak punya kekuatan untuk menilang atau menindak pelaku siaran yang dinilai tidak berkualitas. Dengan hanya teguran, ini tidak akan membuat pemilik stasius televisi bergeming. Siaran televisi di Indonesia tetap membodohi. Selain itu, anggota KPI yang hanya sembilan orang ditambah tujuh orang di daerah, bertugas tiap hari mengawasi lebih dari enam ratusan siaran radio dan televisi, efektifkah?

Di sinilah, peran masyarakat, terutama anak sekolahan dan mahasiswa, sebagai media penyadaran terhadap keluarga dan masyarakat sekitarnya. Melihat, anak-anak sekolah sekarang yang disibukkan rutinitas sekolah dan kegiatan lain, ada kemungkinan mereka tidak punya banyak waktu untuk menonton televisi, namun mereka mengetahui dan cukup cerdas serta kritis dalam menilai dan menyikapi siaran-siaran televisi tersebut—ini terlihat dalam diskusi. Sementara, sebenarnya yang kerap menonton televisi—terutama siaran-siaran yang melanggar Standar Program Siaran KPI, antara lain melanggar norma kesopanan dan kesusilaan dengan banyak menampilkan kekerasan, menampilkan kata-kata kasar, merendahkan dan melecehkan orang lain, seperti sinetron, infotainment, tayangan kriminal dan kekerasan, dan seterusnya—kebanyakan ibu-ibu rumah tangga dan pembantu rumah tangga yang kesehariannya di rumah.

Nah, sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan dan tanggapan dalam diskusi tersebut, yang mana semua persoalan diutarakan oleh yang muda, kemudian dikembalikan lagi kepada mereka untuk menyikapinya, maka dapat ditarik benang merah, bahwa sudah seyogyanya seluruh masyarakat menjadi pengawas terhadap tayangan televisi, tidak hanya sebagai penonton pasif, serta dibutuhkan kerja sama yang baik dengan KPI. Dalam hal ini, KPI sebagai lembaga yang legal memberi teguran memiliki layanan call center untuk menerima pengaduan masyarakat. KPID Sumbar membuka layanan dengan nomor kontak 081 266 06114 atau 081 374 476559.

Diskusi yang berjalan alot ini telah menghimpun berbagai pendapat kaum muda dalam melihat dan menanggapi persoalan siaran televisi di Indonesia. Bahkan, sebuah tanggapan ekstrim dilontarkan oleh salah seorang peserta, di mana jangan ada televisi di ruang keluarga, ruang makan atau tempat berkumpul keluarga lainnya, jika perlu letakkan televisi di gudang. Shut down your tv!!!

Komunitas untuk Indonesia

Ada yang menarik sebenarnya, dari yang selama ini selalu dipinggirkan dan tidak pernah menjadi perhatian. Mungkin, streotipe generasi pop yang fashionable selalu mengiringi lenggok anak-anak usia belasan di lantai mall. Namun, di sana juga hadir pemikiran yang cerdas dan kritis menyangkut persoalan-persoalan negara ini. Permasalahannya sekarang, mereka (baca; anak-anak sekolah menengah atau para remaja) tidak menemukan tempat untuk menuang dan mengurai pendapat tersebut.

Hingga pada Minggu, 8 Juni 2008, saat pameran buku atau Minangkabau Book Fair di gedung Bagindo Aziz Chan, mereka seolah menemukan tempat berbicara. Di sana mereka berkumpul dalam sebuah tenda—mungkin awalnya memang tenda, tapi tidak tertutup kemungkinan akan menjadi rumah—dengan mengusung nama Komunitas untuk Indonesia. Teriakan Untuk Indonesia Aku Ada menggema, diselingi lagu atau balada tentang Indonesia, yang kemudian menjadi style dalam diskusi-diskusi mereka selanjutnya, di samping pembagian buku kepada setiap penanya dan penanggap.

Pembicaraan pada sore itu menyangkut nasionalisme, dengan Kak Pakar M. Taufik, Israr Iskandar, dan Eka Vidya Putra—semuanya peneliti di berbagai lembaga penelitian. Barangkali ini hal yang jarang atau tidak pernah ada dalam diary mereka—para remaja. Memang, pembicaraan seputar nasionalisme ini tidak semenarik obrolan tentang penyanyi pendatang terbaru, Afgan. Atau Cinta Laura yang keren dengan beiceik, gak ada oujeik. Juga type ponsel terbaru, atau juga model dan merek baju terbaru. Tapi, mereka memiliki pemikiran yang menarik tentang nasionalisme dari kegandrungan terhadap obrolan-obrolan yang selalu terbaru tersebut.

Inilah yang menjadi titik tolak kelahiran komunitas yang juga diprakarsai oleh orang muda dari Yayasan Citra Budaya Indonesia dan Revolt Institute ini. Di mana, ketika remaja yang selalu tidak dianggap atau tidak dibawa serta dalam memandang persoalan negara ini, bisa berbicara dan kritis terhadap persoalan-persoalan disekitarnya, sesuai dengan alur pikiran mereka. Di sini setiap tanggapan dihargai. Barangkali, ini akan menjadi jawaban terhadap eksistensi kaum muda Indonesia di tengah hegemoni kaum tua, yang kondisinya seperti bahasa iklan sebuah merek rokok, “belum tua, belum boleh bicara”.

Komunitas ini nantinya akan menjadi media bagaimana yang muda, terutama anak-anak sekolah dan mahasiswa, bisa berbicara dan menanggapi persoalan-persoalan negara, seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya, melalui diskusi bulanan yang akan diadakan di berbagai kota di Sumatra Barat. Bahkan, juga akan dibentuk semacam parlemen remaja, yang mengingatkan para anggota parlemen Indonesia akan janji-janji kampanye, serta tanggung jawabnya terhadap rakyat.

***
Seperti itulah, Komunitas untuk Indonesia telah menghimpun harapan-harapan anak Indonesia terhadap bangsanya. Kita akan tercenung sejenak atau menarik nafas panjang, ketika anak Indonesia berharap, aku ingin punya bapak yang tidak korupsi, aku ingin punya ibu yang tidak menonton sinetron, aku ingin punya teman yang rajin membaca. Tidak ada hujatan terhadap Indonesia di sini, tidak juga caci maki terhadap kondisi negara yang semakin tak jelas ini. Apapun yang terjadi dengan bangsa ini, semuanya pacar Indonesia yang sangat cinta Indonesia. Laiknya harapan anak Indonesia yang lain, aku ingin mencintai Indonesia apa adanya.

Berbau Fisika but Very Fun for you..!!

Fisika adalah mata pelajaran yang hampir selalu ada di setiap ujian untuk kelas IPA baik soal SIMAK UI, USM ITB, UM UGM, UAN maupun SNMPTN fisika selalu ada. Nah untuk menghadapinya sebaiknya anda mempersiapkan dari sekarang dengan latihan latihan soal. nah saya akan memberikan latihan latihan soal fisika untuk materi materi di bawah ini yaitu:

SOAL MEKANIKA SMA

SOAL ZAT DAN KALOR

SOAL GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI

SOAL FISIKA OPTIK

SOAL FISIKA LISTRIK

SOAL FISIKA MODERN

Download soal soal fisika tersebut DI SINI ( lebih cepat)

kalau tidak bisa download di bawah ini

Download soal soal fisika tersebut di sini

downoad soal soal fisika lainnya di sini


Latihan soal fisika untuk menghadapi UN 2009 maupun SNMPTN 2009 memang sangat penting sebab hal tersebut akan melatih anda untuk dapat mengerjakan soal UAN maupun ujian lainnya di masa mendatang. Prediksi soal UAN 2009 pasti ada banyak soal berasal dari kelas 2 SMA. Latihan soal fisika juga sangat di perlukan, karena fisika merupakan pelajaran yang cukup sulit sehingga memerlukan banyak latihan soal agar dapat mengerjakan soal fisika.

Download soal-soal fisika kelas 2 SMA + pembahasan di sini


Ujian nasional fisika pertama kali di adakan pada tahun 2008, sebelum tahun 2007 ( angkatan saya) tidak ada ujian fisika adanya hanya matematika, b.indonesia dan b. inggris. oleh karena itu di sini akan saya berika soal UAN Fisika 2008 dengan pembahasan lengkap. selain untuk latihan soal juga untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasiona fisika 2009 SMA dan persiapan snmptn fisika. soal soal fisika ini bisa di jadikan untuk prediksi uan 2009.

download soal uan fisika 2008 + pembahasan di sini.

download soal soal lainnya di sini


Dalam menyelesiakan soal fisika baik di UAN, SNMPTN maupun ujian lainnya kita memerlukan kumpulan rumus rumus fisika. Memang buku fisika memberikan rumus rumus tersebut, namun bukannya lebih mudah menghapal jika rumus rumus fisika tersebut di sajikan dalam 1 paket. kumpulan Rumus rumus fisika ini terdiri dari materi pelajaran kelas 1 SMA sampai kelas 3 SMA lengkap.

Download Rumus fisika lengkap SMA di Sini DOWNLOAD

Download soal dan rumus lainnya klik di sini


HUKUM NEWTON

HUKUM I NEWTON

Benda yang sedang diam akan bergerak jika benda tersebut di beri gaya. Benda yang sudah bergerak dengan kecepatak tertentu akan tetap bergerak dengan kecepatan tersebut jika benda tersebut tidak mengalami gangguan.(maksudnya gangguan di sini adalah gaya) Hal di atas merupakan dasar dari Hukum I Newton yang kemudian dapat di tulis sebagai berikut.

Jika gaya total yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol maka benda tersebut sedang diam dan akan tetap diam atau benda tersebut sedang bergerak lurus dengan kecepatan tetap dan akan tetap bergerak lurus dengan kecepatan tetap. Dapat di simpulkan bahwa Hukum I Newton menyatakan bahwa percepatan benda nol jika gaya total (gaya resultan) yang bekerja pada benda tersebut adalah nol. Dan secara matematis Hukum I newton dapat di tuliskan sebagai berikut:

ΣF = O

Sebenarnya pernyataan Hukum I Newton ini sebelumnya sudah pernah di ucapkan oleh Galileo beberapa tahun sebelum newton lahir. Galleo mengatakan bahwa kecepatan yang di berikan pada suatu benda akan di pertahankan jika semua gaya penghambat di hilangkan.

HUKUM II NEWTON

Dalam hukum I newton di bahas bahwa jika benda akan tetap diam atau benda akan tetap memiliki kecepatan tertentu jika gaya total yang di berikan pada benda tersebut adalah nol. Llu bagaimana jika gaya total yang di berikan tidak sama dengan nol? Jika benda di kenai gaya dan gaya total tidak nol maka benda yang diam akan bergerak dan benda yang sedang bergerak akan bergerak semakin cepat. Artinya benda akan memiliki percepatan. Menurut hasil percobaan jika gaya total yang diberikan pada benda di perbesar 2 x lipat maka percepatannya akan menjadi lebih besar 2 x lipat juga. Jika dilakukan percobaan lain yaitu dengan dengan gaya tetap namun massa di perkecil ½ massa semula maka percepatan akan menjadi 2x lipat lebih besar. Dari sini dapat di simpulkan bahwa percepatan suatu benda berbanding terbalik dengan massa benda tersebut.

Hukum II newton dapat di tuliskan sebagai berikut: Percepatan suatu benda sebanding dengan gaya total (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya, di tulis dalam fungsi matematik sebagai berikut:

M= F/A atau ΣF = m.a

Hukum II newton ini berkaitan dengan Hukum I newton, hukum II newton merupakan pengembangan dari hukum I newton.

HUKUM III NEWTON

Hukum III newton berbunyi:

Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda lain maka benda yang di kenai gaya akan mengerjakan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan.

Faksi = - Freaksi

Faksi = gaya yang bekerja pada benda

Freaksi = gaya reaksi benda akibat gaya aksi

Hukum ketiga menyatakan bahwa tidak ada gaya timbul di alam semesta ini, tanpa keberadaan gaya lain yang sama dan berlawanan dengan gaya itu. Jika sebuah gaya bekerja pada sebuah benda (aksi) maka benda itu akan mengerjakan gaya yang sama besar namun berlawanan arah (reaksi). Dengan kata lain gaya selalu muncul berpasangan. Tidak pernah ada gaya yang muncul sendirian.

Hukum III newton tidak berhubungan dengan Hukum I dan II newton, jika Hukum I dan II Newton objeknya merupakan satu benda saja jika hukum III newton ini objeknya dua buah benda yang berbeda.


KISI KISI UN FISIKA 2009

Fisika merupakan soal yang sangat rumit bagi beberapa orang yang kurang latihan soal, nah untuk lebih bisa fokus dalam latihan soal fisika. Kisi kisi UN fisika tahun 2009 ini sangat di butuhkan agar anda tidak menghafal atau belajar soal fisika yang kurang perlu. ini beberapa kisi kisi UN fisika dan beserta SKL atau standar komptensi lulusan yang harus di penuhi di mata pelajaran fisika:

Standar Kompetensi Lulusan (SKL):
Memahami prinsip – prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif

Kemampuan Yang Diuji:

  1. Membaca pengukuran alat ukur panjang (jangka sorong) dan menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai alat ukur yang digunakan
  2. Membedakan besaran skalar dan vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara

Standar Kompetensi Lulusan (SKL):
Menjelaskan gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika, benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls dan momentum

Kemampuan Yang Diuji:

  1. Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus
  2. Menentukan berbagai besaran dalam hukum newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet
  4. Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen
  5. Menganalisis hubungan besran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi
  6. Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan besaran-besaran terkait
  7. Menjelaskan sifat elastisitas benda dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  8. Menentukan besaran- besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik
  9. Menentukan besaran - besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum

Standar Kompetensi Lulusan (SKL):
Menjelaskan prinsip dan konsep konservasi kalor, sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor

Kemampuan Yang Diuji:

  1. Menentukan proses perpindahan kalor dan azas black
  2. Mendeskripsikan azas bernoulli dalam fluida dan penerapannya
  3. Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal
  4. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas
  5. Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor

Standar Kompetensi Lulusan (SKL):
Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi

Kemampuan Yang Diuji:

  1. Menentukan besaran – besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop/teropong
  2. Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menentukan besaran-besaran dan sifat gelombang berjalan
  4. Menjelaskan terjadinya peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa tersebut
  5. Menentukan intensitas dan taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik
  6. Menentukan besaran-besaran yang menimbulkan efek doppler dan menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut

Standar Kompetensi Lulusan (SKL):
Menjelaskan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi

Kemampuan Yang Diuji:

  1. Menentukan besaran – besaran yang terkait dengan hukum Coulomb dan medan listrik
  2. Menentukan berbagai faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar
  3. Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik
  4. Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup
  5. Menjelaskan timbulnya medan magnet induksi di sekitar kawat berarus dan menentukan besaran – besaran yang mempengaruhinya
  6. Menjelaskan timbulnya gaya megnet (gaya Lorentz) dan menentukan besaran – besaran yang mempengaruhinya
  7. Menentukan kaitan besaran – besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday
  8. Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor

Standar Kompetensi Lulusan (SKL):
Menjelaskan konsep dan prinsip relativitas, teori atom dan radioaktif serta penerapannya

Kemampuan Yang Diuji:

  1. Membedakan teori-teori atom
  2. Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radisai benda hitam
  3. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom
  4. Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengindentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan

Mudah bukan jika anda sudah memiliki kisi kisi yang lebih jelas, semoga anda semua lulus UN 2009, dan fisika UN 2009 anda dapat nilai yang baik berkat kisi kisi ini.:-)


Good luck buat kakak kelas ku semua di SMAN 1 BANJAR,, Moga Kalian lulus Semua..amiin




Tingkat Kesulitan Soal-soal SPMB

Bagaimana tingkat kesulitan soal-soal SPMB ?

Soal-soal SPMB disusun berdasarkan jenjang kompentensi berfikir yang dikembangkan oleh B. BLOOM. Ia menyusun suatu Taksonomi dari tujuan pendidikan yang dibagi menjadi tiga bidang yaitu :
1. Cognitive domain
2. Affective domain
3. Psychomotor domain

Dalam ujian tulis SPMB yang akan diukur adalah jenjang kemampuan dalam bidang Cognitive, yaitu :
C1 Knowledge ( Pengingatan )
C2 Comprehension ( Pemahaman )
C3 Application ( Penerapan )
C4 Analisys ( Analisa )
C5 Synthesis ( Sintesa )
C6 Evaluation ( Evaluasi )
Dalam pembuatan soal-soal SPMB badan pembuat soal berpedoman pada tingkat kesulitan : 30% soal mudah, 40% soal dengan bobot sedang, dan 30% soal dengan bobot sulit. Atau bisa juga 30% soal berbobot mudah, 50% berbobot sedang dan 20% berbobot sulit.

Agar lebih jelas tentang jenjang kompentensi ini marilah kita simak penjelasan Soeharno Pikir, Dosen MIPA Universtas Airlangga dalam makalahnya yang berjudul Mempersiapkan diri untuk belajar di Pergutruan Tinggi (26 April 1992).
“Soal-soal UMPTN (SPMB, Red) disusun berdasarkan jenjang kompetensi, yaitu taraf berpikir atau bernalar yang diperlukan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal dengan benar. Taraf berfikir itu meliputi enam jenjang, yaitu : (1) mengingat, (2) memahami, (3) menerapkan, (4) menganalisis, (5) mensintesis dan (6) mengevaluasi. Keenam jenjang itu bersifat hirarkis, artinya untuk memahami suatu konsep, makasiswa harus mampu mengingat bagaimana bunyi konsep itu. Untuk dapat menerapkan suatu rumus dalam hitungan, siswa harus mampu utnuk mengingat bagaimana bentuk rumus itu, selain itu juga harus memahami arti huruf-huruf yang digunakan untuk menyatakan rumus itu. Dengan kata lain, untuk dapat menguasai suatu jenjang kompetensi tertentu maka semua jenjang kompetensi yang ada di bawahnya harus dikuasainya terlebih dahulu.

Dalam UMPTN (SPMB, Red) soal-soal dengan jenjang kemampuan rendah dan tinggi biasanya berjumlah lebih sedikit, sedang soal dengan jenjang kemampuan menengah berjumlah lebih banyak. Untuk lebih jelasnya ikutilah uraian berikut ini.
1. Belajar mengingat atau menghafal dilakukan dengan cara mengulang-ulang. Selain pengulangan, ingatan dapat diperkuat dengan berbagai macam cara, misalnya dengan lagu, jembatan keledai, atau singkatan yang sederhana. Misalnya dalam pelajaran elektrolisis digunakan singkatan KNAP untuk mengingat bahwa Katoda bermuatan Negatif sedangkan Anoda bermuatan Positif. Contoh soal yang berdasarkan mengingat ialah sebagai berikut.
45. Hasil karya berikut adalah karangan Sutan Takdir Alisyahbana, KECUALI
(A) Layar Terkembang
(B) Grotta Azura
( C) Kalah dan Menang
(D) Puspa Mega
(E) Madah Kelana
(UMPTN – IPA, Rayon A, Bahasa Indonesia, Tahun 1990)

Dari contoh itu terlihat bahwa siswa harus mengingat semua karya Sutan Taktir Alisyahbana, barulah dia dapat memilih mana yang bukan karya beliau.

2. Belajar memahami suatu konsep, teori, hukum atau hal-hal lain semacam itu pertama-tama siswa harus menghafalkannya terlebih dahulu. Selanjutnya siswa harus dapat memilih kata-kata kunci, yaitu kata-kata yang menjadi pokok atau landasan konsep yang diajukan. Untuk jelasnya ikutilah Hukum Lavoisier yang berbunyi sebagai berikut : Masa zat-zat sebelum dan sesudah bereaksi selalu sama. Dalam kalimat itu kata-kata yang digarisbawahi merupakan kata-kata kunci. Kata-kata kunsi itu mempunyai hubungan satu dengan yang lain. Untuk dapat memahami suatu konsep, teori, hukum, dan hal-hal semacam itu, siswa harus dapat menunjukkan bagaimana hubungan kata-kata kunci itu.
Contoh soal yang berdasarkan pemahaman ialah sebagai berikut :
18. Dalam ilmu pengetahuan, hipotesis yang diajukan harus dapat diuji secara empiris, dengan kemungkinan dapat ditolak.
SEBAB
Rumusan Hipotesis, baru merupakan praduga atau jawaban sementara terhadap masalah.
(UMPTN – IPA, Rayon B, Biologi, Tahun 1990).
Dalam soal itu siswa harus benar-benar memahami definisi hipotesis dengan kata-kata kunci yang terkait yaitu empiris dan praduka.

3. Belajar menerapkan suatu konsep, teori atau hukum paling efektif dengan cara berlatih mengerjakan soal-soal. Dewasa ini banyak sekali beredar buku-buku untuk SMA mulai dari semester 1 hingga semester 6. Demikian banyaknya sehingga menjadikan siswa bingung untuk memilih mana yang terbaik. Dalam keadaan demikian lebih baik siswa mempercayakan kepada guru masing-masing untuk memilihnya dan mana yang berisi latihan soal-soal yang bermutu. Untuk berlatih memecahkan soal perlu diperhatikan hal-hal berikut ini. (1) Bacalah soal itu dengan cermat, tentukan perihal apa pokok bahasanya dan bila menyangkut suatu rumus tentukanlah bagaimana rumusnya, apa arti lambang dalam rumus itu, serta satuan apa yang tepat untuk digunakan. (2) dari rumus itu tentukan mana yang telah di ketahui dan mana yang disuruh mencari atau menghitung. (3) kerjakan soal itu dengan hati-hati, cukup tenang tetapi bila mungkin dengan cepat sebab waktu mengerjakan soal sangat terbatas. Ingat, kecekatan dalam mengerjakan soal hanya dapat di peroleh dengan memperbanyak latihan.


Contoh soal yang berkaitan dengan jenjang penerapan ialah sebagai berikut.

26. Sebuah perahu menyeberangi sungai yang lebarnya 100 m dan kecepatan arus airnya 4 m/s. Bila perahu di arahkan menyilang tegak lurus sungai dengan kecepatan 3m/s, maka setelah sampai di seberang perahu telah menempuh lintasan sejauh
(A) 180 m
(B) 240 m
(C) 300 m
(D) 320 m
(E) 360 m
(UMPTN – IPA, Rayon B, Fisika, Tahun 1990)
Untuk mengerjakan soal seperti itu dapat di permudah dengan cara membuat sketsa. Adanya sketsa atau gambar seringkali dapat membantu mempermudah proses berpikir, karena itu bilamana perlu jangan enggan melakukannya.

4. Belajar menganalisis, mensintesis dan mengevaluasi pada prinsipnya sama dengan belajar menerapkan, tetapi untuk itu diperlukan jenjang kemampuan yang semakin tinggi. Kaitan suatu hal dengan hal lainnya semakin kompleks dan rinci.
Contoh soal dengan jenjang kemampuan menganalisis ialah sebagai berikut.

17. Arus listrik sebanyak 9650 C selama beberapa waktu dialirkan melalui 1 liter larutan peraknitrat 1 M dalam sebuah sel elektrolisis. Bila kedua elektroda dibuat dari platina, volume larutan dianggap tetap, berapakah pH larutan setelah elektrolisis selesai ?
(A) 0
(B) 1
(C) 2
(D) 3
(E) 4
(UMPTN – IPA, Kimia, Tahun 1984)
Soal itu menyangkut Hukum Faraday, konsep tentang elektrolisis, elektroda, dan pH. Siswa harus memahami betul reaksi kimia apa yang berlangsung pada tiap elektroda dan besarnya pH itu bergantung pada apa. Jelas bahwa semakian tinggi jenjang kemampuan yang diperlukan untuk mengerjakan soal-soal maka alur proses berpikirnya semakin panjang dan kompleks. Mata ujian IPA Terpadu dan IPS Terpadu biasanya mangandung soal-soal hingga jenjang kemampuan untuk mensintesis dan mengevaluasi. Soal-soal itu di muali dengan sebuah bacaan dan diikuti dengan serangkaian pertanyaan. Di pandang dari segi materi ujian maka soal-soal IPS Terpadu dan IPA Terpadu sulit untuk diramalkan, sebab bacaan yang di gunakan untuk mengembangkan soal-soal bukan bersumber dari buku-buku SMA tetapi dari majalah ilmiah terbitan luar negeri. Sungguhpun demikian berlatih mengerjakan soal-soal semacam itu tetap sangat bermanfaat sebab dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi para siswa. Kendala yang di hadapi ialah sulitnya mencari pembimbing yang handal sebab soal-soal bersifat interdisipliner.

Ada Apa dengan Guruku?

Oleh : Yanti Safitri

Acap kali, dahulu semua lapisan masyarakat sangat menghormati jasa seorang guru. karena dengan adanya seorang guru kini masa depan generasi muda menjadi cerah, dan tidak ketinggalan dalam hal ilmu pengetahuan ataupun yang lainnya. karena dengan proses belajar mengajarlah seorang siswa dan guru akan bekerjasama untuk mensukseskan tujuan pendidikan tersebut.

Seorang guru akan berusaha mendidik siswanya sampai mereka mengerti dan paham atas apa yang diajarkannya, bahkan seorang guru rela berkorban demi menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas dalam ilmu pendidikan.

Akan tetapi, lain halnya dengan predikat guru saat ini, yang sudah mulai diabaikan bahkan oleh para siswa-siswinya sendiri. Ada apa dibalik semua itu? semua itu terjadi akibat kecerobohan guru itu sendiri. guru berusaha mendidik dan mengajarkan siswa-siswinya sampai mereka mengerti dan paham. bahkan seorang guru sangat sabar ketika menghadapi siswa yang sulit untuk dididik. akan tetapi ketelatenanlah yang menjadikan siswa-siswinya akhirnya dapat paham dan mengerti apa yang diajarkan oleh guru. namun semua pengajaran yang diberikan oleh seorang guru selama ini, terasa tidak ada artinya tatkala UN tiba. mengapa demikian? karena jika kita lihat dari awal siswa-siswi masuk sekolah mereka diberikan pemahaman-pemahaman dan pengajaran secara terus-menerus, akan tetapi tatkala UN itu tiba guru tersebut jugalah yang malah memberitahu atas kunci jawaban tersebut. karena kekhawatiran para guru terhadap siswa-siswinya tidak lulus saat UN.

Dengan demikian dapat diartikan bahwa dengan sebuah nilai mereka dapat menyatakan sebuah kelulusan tanpa memikirkan kualitas dan jerihpayah seorang guru selama ini.

Para guru tersebut menganggap dengan seperti itu mereka menyayangi siswa-siswinya. padahal anggapan tersebut salah besar. justru malah mengajarkan para siswa-siswinya menjadi generasi muda yang tidak jujur. karena dengan tindakan seperti itu, selain menjadi bodoh juga secara tidak langsung telah melahirkan generasi muda yang tidak mandiri.

Isu Kiamat tahun 2012 apakah badai Matahari?

Kapan Kiamat..? Hanya Allah SWT Yang Maha Tahu. Kita hanya tahu lewat tanda-tanda akan datangnya hari Kiamat itu. Pada manuskrip peninggalan suku Maya yang tinggal di selatan Meksiko atau Guatemala yang dikenal menguasai ilmu Falak, disebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Disebutkan juga pada waktu itu akan muncul gelombang galaksi yang besar-besaran sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.

Kiamat hanya ilmu Allah SWT

Ramalan akan adanya kiamat pada 2012 dari suku Maya sebenarnya belum diketahui dasar perhitungannya. Tetapi issu ini sudahmenyebar luas lewat media Internet. Sebagai Muslim, saya hanya yakin bahwa Kiamat ada dan PASTI akan datang. Dan waktunya, kita tidak ada yang tahu, apalagi sampai menyebut tanggal..

Tentang waktu, kapan kiamat terjadi, ummat Islam hanya diberi sign, berupa tanda2 datangnya kiamat. Bila tanda-tanda sudah ada, maka hari yang dimaksud memang sudah dekat. Tetapi tepatnya kapan, kembali ke konsep dasar, Ummat Islam tidak ada yang boleh menyebut waktu, baik hari, tanggal, bulan maupun tahun. Sebab…

Innamaa ‘ilmuhaa ‘inda Allah, (yang tahu soal kiamat itu hanya Allah)

Berikut video tentang tanda-tanda Kiamat:

Dan ini video di ambang kiamat:

Tanda-Tanda Kecil, datangnya Kiamat:

Dari Dakwatuna saya dapatkan, bahwa tanda-tanda kiamat kecil terbagi menjadi dua: Pertama, kejadian sudah muncul dan sudah selesai; seperti diutusnya Rasulullah saw., terbunuhnya Utsman bin ‘Affan, terjadinya fitnah besar antara dua kelompok orang beriman. Kedua, kejadiannya sudah muncul tetapi belum selesai bahkan semakin bertambah; seperti tersia-siakannya amanah, terangkatnya ilmu, merebaknya perzinahan dan pembunuhan, banyaknya wanita dan lain-lain.

Di antara tanda-tanda kiamat kecil adalah:

1. Diutusnya Rasulullah saw

Jabir r.a. berkata, ”Adalah Rasulullah saw. jika beliau khutbah memerah matanya, suaranya keras, dan penuh dengan semangat seperti panglima perang, beliau bersabda, ‘(Hati-hatilah) dengan pagi dan sore kalian.’ Beliau melanjutkan, ‘Aku diutus dan hari Kiamat seperti ini.’ Rasulullah saw. mengibaratkan seperti dua jarinya antara telunjuk dan jari tengah. (HR Muslim)

2. Disia-siakannya amanat

Jabir r.a. berkata, tatkala Nabi saw. berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata, “Kapan terjadi Kiamat ?” Rasulullah saw. terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata, “Rasulullah saw. mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya.” Berkata sebagian yang lain, “Rasul saw. tidak mendengar.” Setelah Rasulullah saw. menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya, “Mana yang bertanya tentang Kiamat?” Berkata lelaki Badui itu, ”Saya, wahai Rasulullah saw.” Rasulullah saw. Berkata, “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah kiamat.” Bertanya, “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Rasulullah saw. Menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR Bukhari)

3. Penggembala menjadi kaya

Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat, lalu beliau menjawab, “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan.” (HR Muslim)

4. Sungai Efrat berubah menjadi emas

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sampai Sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata, ”Barangkali akulah yang selamat.” (Muttafaqun ‘alaihi)

5. Baitul Maqdis dikuasai umat Islam

”Ada enam dari tanda-tanda kiamat: kematianku (Rasulullah saw.), dibukanya Baitul Maqdis, seorang lelaki diberi 1000 dinar, tapi dia membencinya, fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah muslim, kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi, sampai 80 poin, dan setiap poin 12.000.” (HR Ahmad dan At-Tabrani dari Muadz).

6. Banyak terjadi pembunuhan

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?” Rasulullah saw. Menjawab, “Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan.” (HR Muslim)

7. Munculnya kaum Khawarij

Dari Ali ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Akan keluar di akhir zaman kelompok orang yang masih muda, bodoh, mereka mengatakan sesuatu dari firman Allah. Keimanan mereka hanya sampai di tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya. Di mana saja kamu jumpai, maka bunuhlah mereka. Siapa yang membunuhnya akan mendapat pahala di hari Kiamat.” (HR Bukhari).

8. Banyak polisi dan pembela kezhaliman

“Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka.” (HR At-Tabrani)

9. Perang antara Yahudi dan Umat Islam

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim)

10. Dominannya Fitnah

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar.” (HR Ahmad).

11. Sedikitnya ilmu

12. Merebaknya perzinahan

13. Banyaknya kaum wanita

Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. “Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari)

14. Bermewah-mewah dalam membangun masjid

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Diantara tanda kiamat adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid.” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban)

15. Menyebarnya riba dan harta haram

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu saat di mana seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang halal atau yang haram.” (HR Ahmad dan Bukhari)

16. Menggembungnya bulan (ini dia tanda2 yang uni, kata mas Dudung)

Rasulullah saw bersabda: ” di antara sudah mendekatnya kiamat ialah menggembungnya bulan sabit(awal bulan) ” dishahihkan� AlBaani di Ash Shahihah nomor 2292 dalam riwayat yang lain dikatakan “di antara sudah dekatnya hari kiamat ialah bahwa orang akan melihat bulan sabit seperti sebelumnya, maka orang akan mengatakan satu bentuk darinya untuk dua malam dan masjid akan dijadikan tempat untuk jalan jalan serta meluasnya mati mendadak” (Ash Shahiihah AlBani 2292)

Memang Unik, karena ada buktinya:

Hal yang cukup mengherankan terjadi di Saudi berkenaan penetapan awal Muharram 1429 H. Ini sekaligus membuktikan sendiri kesalahan Saudi dalam penetapan awal Zulhijjah lalu.

Bagaimana tidak, Saudi menetapkan 1 Zulhijjah pada 10/12/07 1 hari lebih awal
dari yang seharusnya. Konsekuensinya tanggal 30 Zulhijjah akan jatuh pada
8/01/08 dan 1 Muharram 1429 seharusnya pada 9/01/08 sebab tidak ada angka 31 dalam kalender Hijriyah.

Tapi apa yang terjadi di Saudi? Kantor Berita Saudi (Saudi Press Agency)
menyatakan bahwa hari pertama Muharram 1429 H bertepatan dengan 10 Januari 2008. Ini artinya bulan Zulhijjah di Saudi berjumlah 31 hari.

Lalu kemana yang satu hari? Selidik punya selidik Saudi Press Agency (SPA)
mencantumkan tanggal 19 Zulhijjah 1428 sebanyak 2 kali. Pertama pada 28/12
(Jumat) dan kedua pada 29/12 (Sabtu). Kesalahan yang terus diulang Saudi setiap tahun.

(saya kutip dari orgawam)

Tanda-Tanda besar, datangnya Kiamat:

Sedangkan tanda-tanda kiamat besar yaitu kejadian sangat besar dimana kiamat sudah sangat dekat dan mayoritasnya belum muncul, seperti munculnya Imam Mahdi, Nabi Isa, Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj.

Ayat-ayat dan hadits yang menyebutkan tanda-tanda kiamat besar di antaranya:

Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata, “Hai Dzulqarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” Dzulqarnain berkata, “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka.” (Al-Kahfi: 82)

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An-Naml: 82)

Dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari ra, berkata: Rasulullah saw. muncul di tengah-tengah kami pada saat kami saling mengingat-ingat. Rasulullah saw. bertanya, “Apa yang sedang kamu ingat-ingat?” Sahabat menjawab, “Kami mengingat hari kiamat.” Rasulullah saw. bersabda,”Kiamat tidak akan terjadi sebelum engkau melihat 10 tandanya.” Kemudian Rasulullah saw. menyebutkan: Dukhan (kabut asap), Dajjaal, binatang (pandai bicara), matahari terbit dari barat, turunnya Isa as. Ya’juj Ma’juj dan tiga gerhana, gerhana di timur, barat dan Jazirah Arab dan terakhir api yang keluar dari Yaman mengantar manusia ke Mahsyar. (HR Muslim)

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, ”Hari tidak akan berakhir, dan tahun belum akan pergi sehingga bangsa Arab dipimpin oleh seorang dari keluargaku, namanya sama dengan namaku.” (HR Ahmad)

Perbedaan antara tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar adalah :

  1. Tanda-tanda kiamat kecil secara umum datang lebih dahulu dari tanda-tanda kiamat besar.
  2. Tanda-tanda kiamat kecil sebagiannya sudah terjadi, sebagiannya sedang terjadi dan sebagiannya akan terjadi. Sedangkan tanda-tanda kiamat besar belum terjadi.
  3. Tanda kiamat kecil bersifat biasa dan tanda kiamat besar bersifat luar biasa.
  4. Tanda kiamat kecil berupa peringatan agar manusia sadar dan bertaubat. Sedangkan kiamat besar jika sudah datang, maka tertutup pintu taubat.
  5. Tanda-tanda kiamat besar jika muncul satu tanda, maka akan diikuti tanda-tanda yang lainnya. Dan yang pertama muncul adalah terbitnya matahari dari Barat.

Lalu apa sebenarnya Kiamat tahun 2012..?

Kiamat 2012 adalah terjadinya Badai Matahari:

Menurut Pak Bambang S Tedjasukmana dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bahwa fenomena yang akan muncul pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasar pada pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di berbagai negara maju yang sudah dilakukan sejak tahun 1960-an dan Indonesia oleh LAPAN telah dilakukan sejak tahun 1975.

Badai Matahari = Flare dan CME

Masih menurut ahli lain dari LAPAN, bahwa badai Matahari akan terjadi ketika adanya flare dan Corona Mass Ejection (CME). Apa itu Flare..? Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dahsyatnya menyamai 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Padahal bom atom yang dijatuhkan Paul Tibbets, pilot pesawat Amerika Serikat (AS), B-29 Enola Gay, Agustus 1945, telah merenggut sekitar 80.000 jiwa manusia. Berarti kalau dikalikan 66 juta lagi, wouw…!

Sedang CME adalah sejenis ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel2 berkecepatan tinggi yakni sekitar 400 km/detik. wouw…

Gangguan cuaca Matahari ini dapat mempengaruhi kondisi muatan antariksa hingga mempengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS), dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kesehatan atau kehidupan manusia, misal karena magnet Bumi terganggu, maka alat pacu jantung juga akan terganggu.

HP akan error, dan sms bakal ‘kiamat’ betul

Dengan skala sebenarnya, saya sketsakan kira2 Badai Matahari itu akan seperti apa. Besar matahari hanya diambil sepersecuilnya, sementara Bumi sangat penuh (meski masih sangat kecil) tampaknya. Bumi saja belum apa-apanya bila dibanding sunspot yang warna hitam2 itu…

Badai Matahari tahun 2011-2012

Badai Matahari tahun 2011-2012

Flare di permukaan matahari sangat dahsyat, kalau pas maksimal bisa menjulang sauangaaaat tinggi:

Flare di Matahari

Flare di Matahari

Bagi yangminat lihat animasi Flare matahari paling update, ini linknya:

http://www.space.com/spacewatch/sun_cam_animated.html

Persiapan menuju Kiamat 2012 itu…:
Dikatakan para ahli bahwa dari Matahari, milyaran partikel alektron sampai ke lapisan ionosfer Bumi dalam waktu empat hari, Dampak dari serbuan dari partikel elektron ini di kutub berlangsung beberapa hari. Selama itu, bisa dilakukan langkah-langkah antisipasi untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Mengantisipasi munculnya badai antariksa itu, LAPAN tengah membangun Pusat Sistem Pemantau Cuaca Antariksa Terpadu di pusat Pemanfaatan Sains Antariksa LAPAN Bandung. Objek yang dipantau antara lain lapisan Ionosfer dan geomagnetik, serta gelombang radio. Sistem ini akan beroperasi penuh pada Januari 2009 mendatang.

Langkah antisipasi LAPAN yang telah dilakukan adalah menghubungi pihak-pihak yang mungkin akan terkena dampak dari muncul badai antariksa ini, yakni Dephankam, TNI,Dephub, PLN, dan Depkominfo, serta Pemda.

Saat ini pelatihan bagi aparat pemda yang mengoperasikan radio HF telah dilakukan sejak lama, kini telah ada sekitar 500 orang yang terlatih menghadapi gangguan sinyal radio. PLN harus melakukan sosialisasi ke masyarakat akan adanya pemutusan berkala demi mengurangi dampak badai antariksa ini.

Penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan GPS sebagai sistem navigasihendaknya menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawatterbang.

Perubahan densitas elektron akibat cuaca antariksa dapat mengubah kecepatan gelombangradio ketika melewati ionosfer sehingga menimbulkan delay propagasi pada sinyal GPS. Perubahan ini mengakibatkan penyimpangan pada penentuan jarak dan posisi. Selain itu, komponen mikroelektronika pada satelit navigasi dan komunikasi akan mengalami kerusakan sehingga mengalami percepatan masa pakai, sehingga bisa tidak berfungsi lagi.

Saat ini LAPAN telah mengembangkan pemodelan perencanaan penggunaan frekuensi untuk menghadapi gangguan badai matahari tinggi untuk komunikasi radio HF.

Kita berdo’a semoga kita selamat, dunia; dan kalau memang kiamat beneran…kita juga selamat. Amien…19x

Pacaran dalam Pandangan Islam

Islam mengakui adanya rasa cinta yang ada dalam diri manusia. Ketika seseorang memiliki rasa cinta, maka hal itu adalah anugerah Yang Kuasa. Termasuk rasa cinta kepada wanita (lawan jenis) dan lain-lainnya.

“Dijadikan indah pada manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik .”(QS. Ali Imran :14).

Khusus kepada wanita, Islam menganjurkan untuk mengejwantahkan rasa cinta itu dengan perlakuan yang baik, bijaksana, jujur, ramah dan yang paling penting dari semau itu adalah penuh dengan tanggung-jawab. Sehingga bila seseorang mencintai wanita, maka menjadi kewajibannya untuk memperlakukannya dengan cara yang paling baik.

Rasulullah SAW bersabda,”Orang yang paling baik diantara kamu adalah orang yang paling baik terhadap pasangannya (istrinya). Dan aku adalah orang yang paling baik terhadap istriku”.

b. Cinta Kepada Lain Jenis Hanya Ada Dalam Wujud Ikatan Formal

Namun dalam konsep Islam, cinta kepada lain jenis itu hanya dibenarkan manakala ikatan di antara mereka berdua sudah jelas. Sebelum adanya ikatan itu, maka pada hakikatnya bukan sebuah cinta, melainkan nafsu syahwat dan ketertarikan sesaat.

Sebab cinta dalam pandangan Islam adalah sebuah tanggung jawab yang tidak mungkin sekedar diucapkan atau digoreskan di atas kertas surat cinta belaka. Atau janji muluk-muluk lewat SMS, chatting dan sejenisnya. Tapi cinta sejati haruslah berbentuk ikrar dan pernyataan tanggung-jawab yang disaksikan oleh orang banyak.

Bahkan lebih ‘keren’nya, ucapan janji itu tidaklah ditujukan kepada pasangan, melainkan kepada ayah kandung wanita itu. Maka seorang laki-laki yang bertanggung-jawab akan berikrar dan melakukan ikatan untuk menjadikan wanita itu sebagai orang yang menjadi pendamping hidupnya, mencukupi seluruh kebutuhan hidupnya dan menjadi `pelindung` dan ‘pengayomnya`. Bahkan `mengambil alih` kepemimpinannya dari bahu sang ayah ke atas bahunya.

Dengan ikatan itu, jadilah seorang laki-laki itu `the real gentleman`. Karena dia telah menjadi suami dari seorang wnaita. Dan hanya ikatan inilah yang bisa memastikan apakah seorang laki-laki itu betul serorang gentlemen atau sekedar kelas laki-laki iseng tanpa nyali. Beraninya hanya menikmati sensasi seksual, tapi tidak siap menjadi the real man.

Dalam Islam, hanya hubungan suami istri sajalah yang membolehkan terjadinya kontak-kontak yang mengarah kepada birahi. Baik itu sentuhan, pegangan, cium dan juga seks. Sedangkan di luar nikah, Islam tidak pernah membenarkan semua itu. Kecuali memang ada hubungan `mahram` (keharaman untuk menikahi). Akhlaq ini sebenarnya bukan hanya monopoli agama Islam saja, tapi hampir semua agama mengharamkan perzinaan. Apalagi agama Kristen yang dulunya adalah agama Islam juga, namun karena terjadi penyimpangan besar sampai masalah sendi yang paling pokok, akhirnya tidak pernah terdengar kejelasan agama ini mengharamkan zina dan perbuatan yang menyerampet kesana.

Sedangkan pemandangan yang lihat dimana ada orang Islam yang melakukan praktek pacaran dengan pegang-pegangan, ini menunjukkan bahwa umumnya manusia memang telah terlalu jauh dari agama. Karena praktek itu bukan hanya terjadi pada masyarakat Islam yang nota bene masih sangat kental dengan keaslian agamanya, tapi masyakat dunia ini memang benar-benar telah dilanda degradasi agama.

Barat yang mayoritas nasrani justru merupakan sumber dari hedonisme dan permisifisme ini. Sehingga kalau pemandangan buruk itu terjadi juga pada sebagian pemuda-pemudi Islam, tentu kita tidak melihat dari satu sudut pandang saja. Tapi lihatlah bahwa kemerosotan moral ini juga terjadi pada agama lain, bahkan justru lebih parah.

c. Pacaran Bukan Cinta
Melihat kecenderungan aktifitas pasangan muda yang berpacaran, sesungguhnya sangat sulit untuk mengatakan bahwa pacaran itu adalah media untuk saling mencinta satu sama lain. Sebab sebuah cinta sejati tidak berentu sebuah perkenalan singkat, misalnya dengan bertemu di suatu kesempatan tertentu lalu saling bertelepon, tukar menukar SMS, chatting dan diteruskan dengan janji bertemua langsung.

Semua bentuk aktifitas itu sebenarnya bukanlah aktifitas cinta, sebab yang terjadi adalah kencan dan bersenang-senang. Sama sekali tidak ada ikatan formal yang resmi dan diakui. Juga tidak ada ikatan tanggung-jawab antara mereka. Bahkan tidak ada ketentuan tentang kesetiaan dan seterusnya.

Padahal cinta itu memiliki, tanggung-jawab, ikatan syah dan sebuah harga kesetiaan. Dalam format pacaran, semua instrumen itu tidak terdapat, sehingga jelas sekali bahwa pacaran itu sangat berbeda dengan cinta.

d. Pacaran Bukanlah Penjajakan / Perkenalan
Bahkan kalau pun pacaran itu dianggap sebagai sarana untuk saling melakukan penjajakan, perkenalan atau mencari titik temu antara kedua calon suami istri, bukanlah anggapan yang benar. Sebab penjajagan itu tidak adil dan kurang memberikan gambaran sesungguhnya dari data yang diperlukan dalam sebuah persiapan pernikahan.

Dalam format mencari pasangan hidup, Islam telah memberikan panduan yang jelas tentang apa saja yang perlu diperhitungkan. Misalnya sabda Rasulullah SAW tentang 4 kriteria yang terkenal itu.

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW berdabda,”Wanita itu dinikahi karena 4 hal : [1] hartanya, [2] keturunannya, [3] kecantikannya dan [4] agamanya. Maka perhatikanlah agamanya kamu akan selamat. (HR. Bukhari Kitabun Nikah Bab Al-Akfa’ fiddin nomor 4700, Muslim Kitabur-Radha’ Bab Istihbabu Nikah zatid-diin nomor 2661)

Selain keempat kriteria itu, Islam membenarkan bila ketika seorang memilih pasangan hidup untuk mengetahui hal-hal yang tersembunyi yang tidak mungkin diceritakan langsung oleh yang bersangkutan. Maka dalam masalah ini, peran orang tua atau pihak keluarga menjadi sangat penting.

Inilah proses yang dikenal dalam Islam sebaga ta’aruf. Jauh lebih bermanfaat dan objektif ketimbang kencan berduaan. Sebab kecenderungan pasangan yang sedang kencan adalah menampilkan sisi-sisi terbaiknya saja. Terbukti dengan mereka mengenakan pakaian yang terbaik, bermake-up, berparfum dan mencari tempat-tempat yang indah dalam kencan. Padahal nantinya dalam berumah tangga tidak lagi demikian kondisinya.

Istri tidak selalu dalam kondisi bermake-up, tidak setiap saat berbusana terbaik dan juga lebih sering bertemua dengan suaminya dalam keadaan tanpa parfum. Bahkan rumah yang mereka tempati itu bukanlah tempat-tempat indah mereka dulu kunjungi sebelumnya. Setelah menikah mereka akan menjalani hari-hari biasa yang kondisinya jauh dari suasana romantis saat pacaran.

Maka kesan indah saat pacaran itu tidak akan ada terus menerus di dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan demikian, pacaran bukanlah sebuah penjajakan yang jujur, sebaliknya sebuah penyesatan dan pengelabuhan.

Dan tidak heran kita dapati pasangan yang cukup lama berpacaran, namun segera mengurus perceraian belum lama setelah pernikahan terjadi. Padahal mereka pacaran bertahun-tahun dan membina rumah tangga dalam hitungan hari. Pacaran bukanlah perkenalan melainkan ajang kencan saja.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Sumber : Pusat Konsultasi syariah

Sabtu, 21 Februari 2009

Gedung Pencakar Langit di Dunia

Dunia mulai dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Orang-orang berlomba-lomba membangun gedung-gedung tinggi yang seolah-olah mencakar langit. Ketinggiannya bahkan ada yang mencapai 3000 kaki (ft) . Coba bayngkan berapa tingginya itu.

Kalau 1 kaki sama dengan 30 cm, berarti ketinggian 3000 kaki adalah 3000 x 30 cm = 90000 cm atau sama dengan 900 meter hampir satu kilometer gila deh...
Tahukah anda gedung-gedung apa dan dimana di dunia ini yang tingginya luar biasa seperti itu?
Anda beruntung menemukannya di completeAda ini, check this out (klik pada gamabr untuk melihat lebih besar) :


Nomor 1
Nakhel Tower
Lokasi: Dubai
Tahun selesai (target): 2020
Tinggi: 3,281 ft
dirancang oleh : Woods Bagot


Nomor 2
Burj Dubai
Lokasi :
Dubai
Tahun Selesai : 2009
Tinggi : 2600 ft
Saat ini memegang rekor dunia gedung tertinggi, karena Nakhel Tower masih dalam tahap pembangunan


Nomor 3
Pentominium
Lokasi : Dubai
Tahun selesai (perkiraan) : 2012
Tinggi : 2028 ft
nama Pentominuim gabungan dari kata "penthouse" dan "condominium."


Nomor 4
Russia Tower
Lokasi :
Rusia
Tahun selesai : 2012
Tinggi : 2009 ft
Diciptakan oleh : British architects Foster + Partners



Nomor 5
Chicago Spire
Lokasi :
Chicago
Tahun selesai : 2012
Tinggi : 2000 ft
The Chicago Spire didesain oleh arsitektur spanyol Santiago Calatrava



Nomor 6
Meccah clock royal tower
Lokasi :
Mecca, Saudi Arabia
Tahun selesai : 2010
Tinggi : 1893 ft
Direncanakan jam ini akan 5 kali lebih besar dari big ben di London


Nomor 7
China 117 Tower
Lokasi :
Tianjin, Cina
Tahun selesai : 2013
Tinggi : 1870 ft
Gedung ini juga akan menjadi yang tertinggi di cina jika sudah selesai

Nomor 8
Doha Convention center Tower
Lokasi :
Doha Qatar
Tahun selesai : 2012
Tinggi : 1808 ft
Sedang dikembangkan oleh developer Qatari diar, untuk menjadi sebuah pemandangan indah di doha


Nomor 9
World Trade Center One
Lokasi :
New York AS
Tahun selesai : 2013
Tinggi : 1776 ft
Dijuluki "Freedom Tower" didesain oleh arsitek amerika David Childs


Nomor 10
Burj Al Alam
Lokasi :
Dubai
Tahun selesai : 2011
Tinggi : 1674
Didesain oleh arsitek Jepang Nikken Sekkei, dalam bahasa inggris artinya "World Tower"