Indonesia di mata dunia memiliki prestasi yang mungkin tidak bisa dinilai harganya. Disamping meningkatnya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, akan tetapi nama Indonesia di mata dunia semakin di kenal dengan 24 rekor yang sampai saat ini belom ada yang mampu menandingi rekor tersebut, namun salah satu rekor tersebut tanpa dari kesadaran masyarakat Indonesia akan hilang bahkan musnah. Untuk itu, mari kita jaga prestasi 24 Rekor Indonesia tersebut demi majunya negara kita.
Berikut daftar 24 rekor dunia yang dimiliki Indonesia.
Kamis, 05 Maret 2009
Indonesia di mata dunia
Monorail Mekah-Arafah Dibangun Desember 2008
Berita - Internasional |
Demikian dikatakan Dr Habeeb Zain Al Abidine, wakil Menteri Urusan Perkotaan dan Pedesaan sekaligus Sekretaris Jenderal Komisi bagi Pembangunan Mekahah, Madinah, dan tempat-tepat suci. Proyek tersebut, katanya, dirancang untuk transportasi bagi lima juta orang yang melaksanakan haji, katanya. "Suatu persetujuan akan ditandatangani dengan pemenang tender untuk mengimplementasikan proyek tersebut segera setelah musim haji ini," kata Zain Al Abidine. Lima perusahaan internasional, yang terpilih dari 10 perusahaan yang mendaftarkan diri, akan berlomba meraih tender proyek pembangunan multimiliaran dolar AS tersebut. Menurut dia, suatu pertemuan yang dipimpin oleh Pangeran Miteb Bin Abdul Aziz, Menteri Urusan Perkotaan dan Pedesaan dan Ketua Komisi Pembangunan Mekah, Madinah, dan tempat-tepat suci, dijadwalkan diadakan Rabu (15/10), untuk membuka tender tersebut. Zain Al-Abidine mengatakan studi kelayakan, yang telah dilakukan oleh sebuah perusahaan internasional, mengusulkan lima monorel yang menghubungkan tempat-tempat suci itu, kata surat kabar Arab News. Pelayan dua Masjid suci, Raja Abdullah Bin Abdul Aziz telah memberikan restunya untuk proyek yang akan memudahkan transportasi bagi lebih dari tiga juta anggota jamaah haji antara tempat-tempat suci. "Studi kelayakan telah merekomendasikan agar monorel tahap kedua dibangun dua atau tiga tahun setelah rampung pembangunan monorel tahap pertama," katanya. Ia menambahkan satu monorel bernilai empat miliar riyal Saudi (sekitar satu miliar dolar AS). Monorel tahap pertama yang dimulai dari Mina itu akan mengangkut sekitar satu juta anggota jamaah haji. Monorel Mekah itu akan dibangun 8-10 meter dari atas permukaan tanah untuk menjamin kelancaran lalulintas bagi pejalan kaki dan kendaraan biasa. Zain Al Abidine mengatakan implementasi proyek monorel di tempat-tempat suci itu akan membantu mengurangi 25.000 bus dari total 70.000 bus angkutan haji, baik bus domestik maupun bus-bus angkutan haji dari negara-negara tetangga. Ia mengatakan sistem transportasi itu akan membantu mengangkut sedikitnya 500.000 anggota jamaah haji dalam 6-8 jam. Menurut penjelasan studi kelayakan, monorel itu akan memiliki stasiun khusus di kawasan bebatuan di Mina agar dapat mengangkut jamaah yang menuju ke tingkat kedua atau keempat Jembatan Jamarat yang berteknologi tinggi. |
Selasa, 24 Februari 2009
PINTU-PINTU MASUKNYA SYETAN
Pintu tempat masuknya syetan adalah semua sifat kemanusiaan manusia yang tidak baik. Berarti pintu yang akan dimasuki syetan sebenarnya sangat banyak, Namun kita akan membahas pintu-pintu utama yang dijadikan prioritas oleh syetan untuk masuk menguasai manusia. Di antara pintu-pintu besar yang akan dimasuki syetan itu adalah:
1. Marah
Marah adalah kalahnya tentara akal oleh tentara syetan. Bila manusia marah maka syetan bisa mempermainkannya seperti anak-anak mempermainkan kelereng atau bola. Orang marah adalah orang yang sangat lemah di hadapan syetan.
2. Hasad
Manusia bila hasud dan tamak menginginkan sesuatu dari orang lain maka ia akan menjadi buta. Rasulullah bersabda:” Cintamu terhadap sesuatu bisa menjadikanmu buta dan tuli” Mata yang bisa mengenali pintu masuknya syetan akan menjadi buta bila ditutupi oleh sifat hasad dan ketamakan sehingga tidak melihat. Saat itulah syetan mendapatkan kesempatan untuk masuk ke hati manusia sehingga orang itu mengejar untuk menuruti syahwatnya walaupun jahat.
3. Perut kenyang
Rasa kenyang menguatkan syahwat yang menjadi senjata syetan. Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Iblis pernah menampakkan diri di hadapan Nabi Yahya bin Zakariyya a.s. Beliau melihat pada syetan beberapa belenggu dan gantungan pemberat untuk segala sesuatu seraya bertanya. Wahai iblis belenggu dan pemberat apa ini? Syetan menjawab: Ini adalah syahwat yang aku gunakan untuk menggoda anak cucu Adam.Yahya bertanya: Apa hubungannya pemberat ini dengan manusia ? Syetan menjawab: Bila kamu kenyang maka aku beri pemberat sehingga engkau enggan untuk sholat dan dzikir. Yahya bertanya lagi: Apa lainnya? Tidak ada! Jawab syetan. Kemudian Nabi Yahya berkata: Demi Allah aku tidak akan mengenyangkan perutku dengan makanan selamanya. Iblis berkata. Demi Allah saya tidak akan memberi nasehat pada orang muslim selamanya.
Kebanyakan makan mengakibatkan munculnya enam hal tercela:
· Menghilangkan rasa takut kepada Allah dari hatinya.
· Menghilangkan rasa kasih sayang kepada makhluk lain karena ia mengira bahwa semua makhluk sama kenyangnya dengan dirinya.
· Mengganggu ketaatan kepada Allah
· Bila mendengarkan ucapan hikmah ia tidak mendapatkan kelembutan
· Bila ia bicara tentang ilmu maka pembicaraannya tidak bisa menembus hati manusia.
· Akan terkena banyak penyakit jasmani dan rohani
4. Cinta perhiasan dan perabotan rumah tangga
Bila syetan melihat hati orang yang sangat mencintai perhiasan dan perabotan rumah tangga maka iblis bertelur dan beranak dan menggodanya untuk terus berusaha melengkapi dan membaguskan semua perabotan rumahnya, menghiasi temboknya, langit-langitnya dst. Akibatnya umurnya habis disibukkan dengan perabotan rumah tangga dan melupakan dzikir kepada Allah.
5. Tergesa-gesa dan tidak melakukan receck
Rasulullah pernah bersabda: Tergesa-gesa termasuk perbuatan syetan dan hati-hati adalah dari Allah SWT. Allah berfirman: ”Manusia diciptakan tergesa-gesa” dalam ayat lain dditegaskan: “Sesungguhnya manusia itu sangat tergesa-gesa. Mengapa kita edilarang tergesa-gesa? Semua perbuatan harus dilakukan dengan pengetahuan dan penglihatan mata hati. Penglihatan hata hati membutuhkan perenungan dan ketenangan. Sedangkan tergesa-gesa menghalangi itu semua. Ketika manusia tergesa-gesa dalam melakukan kewajiban maka syetan menebarkan kejahatannya dalam diri manusia tanpa disadari.
6. Mencintai harta
Kecintaan terhadap uang dan semua bentuk harta akan menjadi alat hebat bagi syetan. Bila orang memiliki kecintaan kuat terhadap harta maka hatinya akan kosong. Kalau dia mendapatkan uang sebanyak satu juta di jalan maka akan muncul dari harta itu sepuluh syahwat dan setiap syahwat membutuhkan satu juta. Demikianlah orang yang punya harta akan merasa kurang dan menginginkan tambahan lebih banyak lagi.
7. Ta’assub bermadzhab dan meremehkan kelompok lain.
Orang yang ta’assub dan memiliki anggapan bahwa kelompok lain salah sangat berbahaya. Orang yang demikian akan banyak mencaci maki orang lain.
Meremehkan dan mencaci maki termasuk sifat binatang buas. Bila syetan menghiasi pada manusia bahwa taassub itu seakan-akan baik dan hak dalam diri orang itu maka ia semakin senang untuk menyalahkan orang lain dan menjelekkannya.
8. Kikir dan takut miskin.
Sifat kikir ini mencegah seseorang untuk memberikan infaq atau sedekah dan selalu menyeru untuk menumpuk harta kekayaan dan siksa yang pedih adalah janji orang yang menumpuk harta kekayaan tanpa memberikan haknya kepada fakir miskin. Khaitsamah bin Abdur Rahman pernah berkata: Sesungguhnya syaitan berkata: Anak cucu Adam tidak akan mengalahkanku dalama tiga hal perintahku: Aku perintahkan untuk mengambil harta dengan tanpa hak, menginfakkannya dengan tanpa hak dan menghalanginya dar hak kewajibannya (zakat).
Sufyan berkata: Syetan tidak mempunyai senjata sehebat senjata rasa takutnya manusia dari kemiskinan. Apabila ia menerima sifat ini maka ia mengambil harta tanpa hak dan menghalanginya dari kewajiban zakatnya.
9. Memikirkan Dzat Allah
Orang yang memikirkan dzat Allah tidak akan sampai kepada apa yang diinginkannya ia akan tersesat karena akal manusia tidak akan sampai kesana. Ketika memikirkan dzat Allah ia akan terpeleset pada kesyirikan.
10. Suudzon terhadap orang Islam ghibah.
Allah berfirman dalam Surat Al Hujuroot 12 sbb.:
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
Rasulullah pernah bersabda: Jauhillah tempat-tempat yang bisa memunculkan prasangka buruk.
Kalau ada orang yang selalu suudzdzon dan selalu mencari cela orang lain maka sebenarnya ia adalah orang yang batinnya rusak. Orang mukmin senantiasa mencari maaf dan ampunan tetapi orang munafik selalu mencari cela orang lain.
Itulah sebagian pintu-pintu masuknya syetan untuk menguasai benteng hatinya.
Kalau kita teliti secara mendetail kita pasti tidak akan mampu menghitung semua pintu masuknya syetan ke dalam hati manusia
Sekarang bagiamana solusi dari hal ini? Apakah cukup dengan zikrullah dan mengucapkan “Laa haula wa laa quwwata illa billah”? ketahuilah bahwa upaya untuk membentengi hati dari masuknya serbuan syetaan adalah dengan menutup semua pintu masuknya syetan dengan membersihkan hati kita dari sifat-sifat tercela yang disebutkan di atas. Bila kita bisa memutuskan akar semua sifat tercela maka syetan mendapatkan berbagai halangan untuk memasukinya ia tidak bisa menembus ke dalam karena zikrullah. Namun perlu diketahui bahwa zikir tidak akan kokoh di hati selagi hati belum dipenuhi dengan ketakwaan dan dijauhkan dari sifat-sifat tercela. Bila orang yang hatinya masih diliputi oleh akhlak tercela maka zikrullah hanyalah omongan jiwa yang tidak menguasai hati dan tidak akan mampu menolak kehadiran syetan. Oleh sebab itu Allah berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya. ( Al A’raaf 201)
Perumpamaan syetan adalah bagaikan anjing lapar yang mendekati anda. Bila anda tidak memiliki roti atau daging pasti ia akan meninggalkanmu walaupun Cuma menghardiknya dengan ucapan kata. Tapi bila di tangan kita ada daging maka ia tidak akan pergi dari kita walaupun kita sudah berteriak ia ingin merebut daging dari kita. Demikian juga hati bila tidak memiliki makanan syetan akan pergi hanya dengan dzikrullah. Syahwat bila menguasai hati maka ia akan mengusir dzikrullah dari hati ke pinggirnya saja dan tidak bisa merasuk dalam relung hati. Sedangkan orang-orang muttaqin yang terlepas dari hawa nafsu dan sifat-sifat tercela maka ia akan dimasuki syetan bukan karena syahwat tapi karena kelalaian dari dzikrullah apabila ia kembali berdzikir maka syetan langsung takut. Inilah yang ditegaskan firman Allah dalam ayat sebelumnya:
Artinya: Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. ( Al A’roof ayat 200)
Dalam ayat lain disebutkan:
Artinya: Apabila kamu membaca Al Qur'an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. Sesungguhnya syaitan ini tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah. (An Nahl 98-100)
Mengapa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Bila Umar ra. Melewati suatu lereng maka syetan mengambil lereng selain yang dilewati Umar.”? Karena Umar memiliki hati yang bersih dari sifat-sifat tercela sehingga syetan tidak bisa mendekat. Kendatipun hati berusaha menjauhkan diri dari syetan dengan dzikrullah tapi mustahil syetan akan menjauh dari kita bila kita belum membersihkan diri dari tempat yang disukai syetan yaitu syahwat, seperti orang yang meminum obat sebelum melindungi diri dari penyakit dan perut masih disibukkan dengan makanan yang akan dicerna. Taqwa adalah perlindungan hati dari syahwat dan nafsu apabila zikrullah masuk kedalam hati yang kosong dari zikir maka syetan mendesak masuk seperti masuknya penyakit bersamaan dengan dimakannya obat dalam perut yang masih kosong.
Allah SWT berfirman :
Artinya: Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai hati atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya. (Qoof 37)
WAllahu a’lamu bis showab.
___________________________________________
Sumber : Dudung.Net - Penulis : Dr.H. Achmad Satori
Pesawat terbang
Sejarah
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.
BIOGRAFI Wright Bersaudara
Wright Bersaudara yang terdiri dari dua orang kakak beradik, Orville Wright (19 Agustus 1871 - 30 Januari 1948) dan Wilbur Wright (16 April 1867 - 30 Mei 1912), secara umum dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara. Kedua kakak beradik itu pada awalnya mengelola sebuah toko di Dayton, Ohio. Toko tersebut menjual dan memperbaiki sepeda motor. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer.
Pada pukul 9.30 pagi (9.30 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudia pesara tersebut turun kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama "Kitty Hawk". Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC,Amerika Serikat.
Kategori dan klasifikasi
Lebih berat dari udara
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara disebut aerodin, yang masuk dalam kategori ini adalah autogiro, helikopter, girokopter dan pesawat bersayap tetap. Pesawat bersayap tetap umumnya menggunakan mesin pembakaran dalam yang berupa mesin piston (dengan baling-baling) atau mesin turbin (jet atau turboprop) untuk menghasilkan dorongan yang menggerakkan pesawat, lalu pergerakan udara di sayap menghasilkan gaya dorong ke atas, yang membuat pesawat ini bisa terbang. Sebagai pengecualian, pesawat bersayap tetap juga ada yang tidak menggunakan mesin, misalnya glider, yang hanya menggunakan gaya gravitasi dan arus udara panas. Helikopter dan autogiro menggunakan mesin dan sayap berputar untuk menghasilkan gaya dorong ke atas, dan helikopter juga menggunakan mesin untuk menghasilkan dorongan ke depan.
Lebih ringan dari udara
Pesawat terbang yang lebih ringan dari udara disebut aerostat, yang masuk dalam kategori ini adalah balon dan kapal udara. Aerostat menggunakan gaya apung untuk terbang di udara, seperti yang digunakan kapal laut untuk mengapung di atas air. Pesawat terbang ini umumnya menggunakan gas seperti helium, hidrogen, atau udara panas untuk menghasilkan gaya apung tersebut. Perbedaaan balon udara dengan kapal udara adalah bahwa balon udara lebih mengikuti arus angin, sedangkan kapal udara memiliki sistem propulsi untuk dorongan ke depan dan sistem kendali.
Senin, 23 Februari 2009
Harga minyak dan pasaran kerja tahun 2009
Kemarin sudah saya tuliskan bagaimana dunia saat ini sedang merana karena kondisi perekonomian yang “modal bin madul” alias “amburadul“. Silahkan baca : Harga minyak dan pasaran kerja tahun 2009. Harga minyak yang anjlok sepertiga dari harga sebelumnya membuat industri perminyakan kalang-kabut.
Bagaimana dengan ahli geologinya ?
AAPG Explorer (ed. Januari 2009), sebuah majalah terbitan perkumpulan ahli geologi Amerika yang anggotanya sudah mendunia ini memberikan laporan kondisi lapangan kerja geosains. Artikel ini memberikan pandangan kondisi pasaran kerja untuk geoscience di perminyakan yang masih mengalami kesulitan yang unik.
Jumlah pekerjanya yang berpengalaman sangat kurang.
“Whaduh Pakdhe laris niih ?”
“Bukan itu yg perlu tahu thole, tetapi apakah ini hanya geoscience di perminyakan saja atau juga disiplin ilmu lain atau bahkan seluruh industri pada umumnya ?”
Kekurangan pekerja berpengalaman.
Gambar diatas dibuat tahun 2006. Dipublikasian ulang dalam Majalah Explorer edisi Januari 2009. Grafik diatas menunjukkan jumlah pekerja sesuai dengan usianya. Gambar itu menunjukkan bahwa banyak pekerja yang berpengalaman diatas 20tahun, tetapi langka pekerja yang berpengalaman dibawah 20 tahun. Kalau saja pekerja itu dimulai dari 20 tahun, bila usia pensiun itu tertinggi hanya 65, tentusaja akan lebih dari 50% yang pensiun tahun 2010.
Problem kelangkaan ini tidak hanya menghawatirkan satu perusahaan tetapi hampir seluruh industri perminyakan akan mengalaminya. Untuk mengatasi hal itu penarikan tenaga kerjapun masih terus harus dilakukan. Menurut perkiraan proses rekruitment ini masih akan terus diperlukan hingga tahun 2010.
“Wuiih lumayaaan, masih ada ‘hiring’ hingga 2010. Tapi abis itu gimana doonk ?”
Geoscientist itu unik
Masih berlangsungnya pengambilan tenaga kerja baru (hiring) ini juga diamati oleh David Brown, AAPG-Explorer correspondent yang dituliskannya juga bulan Januari 2009 disini. Dalam artikelnya David mengutip pendapat konsultan HR-nya wordlwideworker :
“Drilling has slowed down but G&G -the geologists and geophysicists, geoscience professionals - is in quite high demand,” said Anna Shchelokova, senior HR consultant for Worldwideworker.com in Houston.
Aktifitas drilling memang merupakan aktifitas operasi sedangkan geologist dan geophysicist merupakan pekerja peneliti semacam “research“. Disinilah bedanya. Dan inilah yang menyebabkan mengapa geosciencetist itu tidak bisa disamakan dengan tenaga profesional lain di dunia perminyakan. Geoscientoist itu tidak dapat dilakukan substitusi (pergantian) dari tenaga berprofesi komputasi.
Berbeda dengan drilling engineer yang dapat disubstitusi dari sarjana mesin, sarjana teknik listrik, bahkan ada salah satu drilling engineer Unocal (skarang Chevron) yang berasal dari sarjana kimia. Demikian juga proccess engineer yang bisa di-substitusi dari sarjana atau tenaga-tenagan insinyur bidang lainnya (misal sarjana elektro, mesin, kimia dsb).
Dimana saja yang kekurangan dan kelebihan geoscientist ?
Cukup aneh kalau Indonesia masuk kategori kelebihan Geoscientist. Banyak perusahaan minyak di Indonesia yang berteriak-teriak kekurangan tenaga geologi. Namun barangkali yang terjadi adalah banyaknya “Geoscientist WN Indonesia” yang saat ini sudah bekerja di negeri-negeri yang kekurangan tenaga geologi. Yang tergambar diatas itu barangkali jumlah geoscience sesuai dengan kewarga negaraannya. Termasuk didalamnya India termasuk “dianggap” kelebihan geoscientist.
Atau memang barangkali secara global saat ini kekurangan geoscientist, hanya Indonesia termasuk “penghasil” geoscientist yang memiliki peluang untuk mengisi lowongan.
Great Crew Change
Bagaimana dengan jenis profesi selain geosains ?
Di Industri perminyakan dikenal istilah “crew change“, pergantian kru. Pekerja migas banyak yang bekerja di daerah terpencil (remote area) selama 2 minggu dan seminggu berikutnya dirumah (off). Jadwalnya ada yang dikela 2-1, ada yang 2-2 dsb. Pergantian pekerja yang akan bekerja dan akan kembali istirahat ini disebut crew-change.
Dalam konferensi dunia ahli pengeboran (IADC) - Int’l Deepwater Drilling Conference di Rio de Janeiro, Brazil pada bulan Maret 2008 muncul istilah “Great Crew Change“. Yaitu pergantian pekerja tua ke pekerja muda. Hal ini jelas disebabkan karena secara demografi pekerja-pekerja usia lanjut sudah tidak akan mampu lagi mengisi atau mengerjakan pekerjaannya lagi. Namun dalam konferensi itu yang menjadi kekhawatiran adalah adanya gap yang cukup lebar antara pekerja senior dengan pekerja yunior. Diperkirakan gap pengalamannya dari 10-20 tahun.
“Lah trus gimana mengejar pengalaman ini Pakdhe?”
“Inilah yang dikhawatirkan dalam profesi pengeboran, pengalaman merupakan tolok ukur yang sangat penting ketimbang keahlian”
Alam memiliki keunikan untuk tiap-tiap daerah. Kondisi geologi di Delta Mahakam sangat berbeda dengan geologi di Sumatra tengah. Demikian juga teknologi berkembang sangat cepat. Drilling atau pengeboran merupakan aktifitas yang menggabungkan kedua keunikan tersebut. Pengalaman seseorang di derah tertentu dengan teknologi tertentu akan menjadi keahlian yang sangat unik. Pengeboran di laut dalam merupakan teknologi baru.
Tidak semua drilling engineer memiliki pengalaman dalam pengeboran yang mahal ini. Sehingga mendapatkan pengalaman unik ini merupakan “berkah” tersendiri bagi seorang drilling engineer beserta kru-nya. Pengalaman inilah yang sering menjadi kunci dalam penarikan atau pengangkatan pegawai di perminyakan.
Selain itu tentusaja referensi atau network atau lebih tepatnya silaturahmi menjadi salah satu bagian penting dalam proses pengangkatan pegawai. Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya dengan rumus 70-20-10. Artinya: 70% pengalaman; 20% training (networking); 10 % edukasi (pendidikan sekolah). Itulah sebabnya pengalaman menjadi hal yang paling berharga dalam sebuah CV (Curriculum Vittae).
Apa yang perlu dilakukan ?
Dalam eksekutif panel ketika Konferensi AAPG di Capetown, berkumpullah para petinggi dari perusahaan besar (Mario Carminatti, Petrobras executive manager, Christian J. Heine, Saudi Aramco, Rod Nelson, Schlumberger vice president, Jatinda Peters, manager HR for the India’s (ONGC) dan Scott Tinker, AAPG president.
Ada hal yang cukup mengagetkan juga dalam panel ini, terungkap juga ternyata India yang berpenduduk semilyar juga mengalami kesulitan tenaga kerja perminyakan.
“It seems odd. In the world’s moist populous region the biggest problem facing employers is the shortage of (qualified) people”.
(The Economist)
Salah satu penyebab yang dikemukakan oleh HR dari India ini adalah ketidak tepatan antara akademiake dengan butuhan industri yang tergambar dibawah ini:
Akhirnya para panelist ini stuju untuk merumuskan strategi yang perlu dilakukan, termasuk diantaranya :
- - Menjalin hubungan antara pekerja senior ini dengan sekolah (universitas)
- - Memberikan materi/program untuk memperkaya kurikulum
- - Menambah beasiswa
- - Bekerja dirumah (work at home) Terutama untuk tenaga wanita.
- - Sabattian
- - Jenjang karier yang lebih jelas
- - Mentoring termasuk memanfaatkan mereka yang sudah masuk usia pensiun
- - Struktur profesi serta program pengembangan diri.
Nah apa yang sudah kita lakukan hingga saat ini ?
CUPLIKAN TOP
Court TV : Motorcycle Police Chase Crash
RAW FOOTAGE -Dallas Motorcycle Chase 2006
crazy biker
Indonesia Tanah Airku - Aceh Tsunami 2004
TSUNAMI in THAILAND
Tsunami Hits Thailand & South East Asia!
Hiburan saja