Rabu, 11 Maret 2009

Guru harus menjadi inspirasi bagi murid-muridnya

Demikian petikan pidato Prof. Dr. Furqon Hidayatullah, M.Pd. dalam orasi yang disampaikan di acara sidang senat terbuka Dies Natalis ke-33 UNS, yang bertempat di Auditorium pusat UNS, rabu (11/3).

Menurutnya, guru bagus adalah guru yang bisa menjelaskan bagi muridnya, guru hebat adalah guru yang memberi contoh bagi muridnya, dan guru agung adalah guru yang memberikan inspirasi bagi muridnya. Nah, sekarang timbul pertanyaan, apakah dengan adanya sertifikasi guru yang meningkatkan kesejahteraan guru pada akhirnya juga berdampak pada mutu pendidikan? jangan sampai jika pada saat belum mendapat sertifikasi, seorang guru yang dulunya rajin dan pintar kemudian berleha-leha setelah mendapatkan sertifikasi, hal ini tentu sangat disayangkan jika setelah mendapatkan materi yang melimpah seorang guru akhirnya menjadi guru yang tidak berkualitas.

Selama hampir 1jam memberikan orasi ia menekankan bahwa guru pada masa sekarang ini haruslah benar-benar berkualitas dan profesional, karena di jepang profesi seorang guru merupakan profesi yang terhormat, sampai-sampai mantan perdana menteri jepang memberi hormat pada guru dari cucunya. semoga di indonesia pun demikian, karena guru agung adalah guru yang menjadi inspirasi bagi murid-muridnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar